Laman

Kamis, 10 November 2016

Cara Menulis Cerpen

Cerpen adalah karangan fiksi naratif, dengan panjang minimal 1000 kata atau panjang maksimal 20.000 kata. Cerita pendek bermula pada tradisi penceritaan lisan yang menghasilkan kisah-kisah terkenal seperti Iliad dan Odyssey karya Homer. Kisah-kisah tersebut disampaikan dalam bentuk puisi yang berirama. Adapun irama tersebut berfungsi sebagai alat untuk menolong orang untuk mengingat ceritanya. Bagian-bagian singkat dari kisah-kisah ini dipusatkan pada naratif-naratif individu yang dapat disampaikan pada satu kesempatan pendek. Keseluruhan kisahnya baru terlihat apabila keseluruhan bagian cerita tersebut telah disampaikan( wikipedia)

Adapun tahapan atau cara menulis cerpen adalah sebagai berikut:

1. Lupakan semua pelajaran tentang menulis cerpen yang sahabat pelajari dari sekolah
Mengapa demikian? karena menulis adalah termasuk kedalam kategori seni, entah itu menulis cerpen, puisi, ataupun bentuk seni tulis lainnya. Sehingga jangan pernah membatasi diri dalam berkarya seni hanya karena ada beberapa teori yang telah mengaturnya secara sistematis.

Berusahalah untuk menulis mengikuti apa yang ada dalam pikiran sahabat. Adapun teori-teori akan muncul dengan sendirinya. sehingga jangan heran jika dikemudian hari sahabat menemukan teori penulisan cerpen sendiri.

2.Penuhi syarat

Agar sebuah karya tulis dapat dikatakan cerpen tentu memiliki beberapa syarat. Termasuk unsur intrinsik yang harus sahabat penuhi. Dalam hal ini saya yakin sahabat sudah hafal dengan semua unsur intrinsik cerpen.

Selain memiliki unsur intrinsik, cerpen memerlukan isi agar dapat disebut dalam kategori 'baik'. Sebelum memulai menulis saya sarankan agar sahabat telah memiliki hal atau pokok pikiran yang akan sahabat sampaikan. sehingga cerpen yang sahabat hasilkan benar-benar hidup.

3. Revisi atau perbaikan

Setelah sahabat menyelesaikan sebuah cerpen periksa ulang, mungkin ada beberapa hal yang belum atau masih perlu disempurnakan.

4. Jangan menunda waktu

Jangan pernah menunda waktu untuk menulis jika sahabat telah memiliki gagasan atau pemikiran yang ingin sahabat sampaikan melalui sebuah cerpen, karena waktu terbaik untuk mewujudkan suatu gagasan adalah sesegera mungkin mumpung gagasan itu masih  hangat.

5. Mulailah menulis

Terimakasih sudah membaca artikel saya yang buruk ini. semoga ada hal yang bermanfaat dari apa yang saya sampaikan. selamat berkarya...

0 komentar:

Posting Komentar

 

El-Senja's Blog Copyright © 2010 | Designed by: compartidisimo